Untuk seluruh siswa yang akan mengikuti ujian nasional 2012, semoga sukses always "

Persiapan Ujian Nasional 2011

Tujuan utama saya upload ini adalah untuk kepentingan bersama. Saya yang belajar blog perlu mencoba dan mengembangkan kemampuan tentang blog saya. Yah biar tidak dikatakan Go-Blog. Hehehe..
Pokoknya dipostingan ini saya berikan tentang apa saja yang bisa Anda Download. Gratis kok, Yah untung saja kalau saya bisa diberi imbalan oleh Ziddu. Nah sama-sama untungkan? Makanya gak usah sungkan kalau mau nge-download. 

Jadual UN dan SKL / KISI-KISI UAN SMP 2010-2011

Bagi pembaca yang ingin mengetahui Jadual Ujian Nasional, menurut sumber dari Lembaga Bimbingan Belajar di Yogyakarta adalah sebagai berikut :
1.Ujian Nasional SMA : 4- 9 April 2011 2.Ujian Nasional Susulan SMA/MA: 23-27 Mei 2011
3.Ujian Nasional SMP : 11-14 April 2011
4.Ujian Nasional Susulan SMP/MTS :  23-27 Mei 2011
5.Ujian UASBN SD/MI : Akhir Mei 2011

Dari wacana yang ada, kegiatan UN tahun ini tidak ada ujian ulangan. Kelulusan dipatok nilai minimal rata-rata 5,5. Namun belum diketahui dengan pasti apakah 5,5 itu khusus nilai UN apakah sudah digabung dengan nilai raport yang dimiliki siswa.  Nampaknya nilai 5,5 tersebut adalah gabungan dari nilai UN dan nilai raport siswa. Mungkin saja menggunakan nilai pq seperti beberapa tahun yang lalu.

Sampai detik ini pemerintah masih belum mengeluarkan POS UAN 2010-2011, namun kami berusaha untuk menemukan SKL/Kisi kisi UAN SMP 2010-2011 yang terdiri dari 4 mata pelajaran , Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA.
SKL yang kami dapat ini berasal dari MKKS Propinsi Jawa Tengah. Sambil menunggu POS resmi pemerintah, SKL ini katanya sudah mendekati yang sebenarnya. Jika Anda ingin mendownload SKL ini silahkan klik di sini. Semoga bermanfaat.

Exam for 8th grade bilingual


Command: Choose one best answer

1.   The result of (x – y) (2x + 3y) is ....
a. 2x2 – 5xy – 3y2                           c. x2 – 5xy – y2
b. 2x2 + xy – 3y2                            d. x2 + xy – y2

2.   Simple form of  2(x – 3y + xy) – 2xy + 3x is ....
a. 4x – xy – 3y                               c. 4x – 6y + xy
b. 5x – xy – 4y                               d. 5x – 6y

Category: 0 komentar

Exam for 7th grade bilingual


Command : Choose one of the most correct answers

1.   Steps to turn off the computer that really is ....
a. click Start - select Shutdown
b. immediately press the Power button on the CPU
c. select Shutdown - press the Power button
d. press the Power button a few seconds

2.   The following group of equipment belonging to the input is ....
a. mouse, keyboard and monitor                 c. keyboards, scanners and printers
b. monitor, speakers and flash                     d. scanner, keyboard and mouse

Category: 0 komentar

Perangkat mengajar kelas XII IPS

KabarKongo.com
Kebutuhan akan perangkat mengajar bagi guru Matematika sangat penting. Berikut saya berbagi kepada guru Matematika kelas XII IPS yang membutuhkan, Prota, Promes, Silabus, RPP dan soal-soal matematika kelas XII IPS silahkan download di sini.
1. Kumpulan soal-soal UTS Matematika
2. RPP dan silabus Matematika XI-XII IPA
3. RPP kelas XI IPA
4. Panduan penilaian kelompok Mapel 
Semoga yang sederhana ini bisa membantu kebutuhan rekan-rekan guru Matematika

Triks cepat mengerjakan soal matematika deret

Paman APIQ banyak bermain-main sulap bersama Algeometi. Tentu saja anak-anak senang dengan ragam permainan sulap matematika. Tetapi bukan sebarang sulap. Ini adalah sulap yang membantu anak-anak belajar matematika kreatif.
“Meti, Kamu suka angka berapa?” tanya Paman APIQ.
“3 aja deh…”
“Geo suka angka berapa?”
“5 pasti mantap!”
“Mari kita tuliskan…”
“Aku belum ditanya,” protes Al.
“Sudah Kamu bagian menghitungnya saja,” sahut Paman APIQ.
1. 3 (Pilihan Meti)
2. 5 (Pilihan Geo)
3. 8 ( dari 5 + 3)
4. 13 ( dari 8 + 5)
5. 21
6. 34
7. 55
8. 89
9. 144
10. 233
“Jumlahkan seluruh bilangan di atas,” perintah Paman APIQ.
Algeometi sibuk menjumlahkan bilangan-bilangan di atas. Paman APIQ langsung menulis angka 605. Setelah beberapa saat Algeometi menemukan jawaban dari jumlah bilangan-bilangan di atas adalah … = 605.
“Lho Paman APIQ kok bisa berhitung begitu cepat?”
“Namanya saja sulap matematika kreatif. Pasti hebat kan…”
Paman APIQ dapat berhitung begitu cepat karena telah mengenali sifat-sifat deret Fibonacci. Dapatkah Anda menemukan kehebatan deret Fibonacci di atas?
Selanjutnya, Paman APIQ hendak mengenalkan deret aritmetika – sebuah deret yang sangat sederhana dan seru.
“Al, Kamu suka angka berapa?”
“7 saja deh…”
“Meti suka angka berapa?”
“11 boleh kan?”

Anehnya Matematika

Berikut kami sajikan tentang keunggulan matematika. Bagi orang/anak yang senang matematika, ini adalah sesuatu yang menarik, yang oleh sebagian guru matematika dikatakan sebagai SULAP MATEMATIKA

1. Realita 1

Tahukah kalian fakta menarik dari angka:142 857
ketika anda kalikan angka tersebut dengan angka 1 s.d 6 hasilnya adalah angka-angka  di dalam
bilangan tersebut hanya berubah tempat aja.(tapi semua digit angkanya sama)

142 857 * 1 = 142 857
142 857 * 2 = 285 714
142 857 * 3 = 428 571
142 857 * 4 = 571 428
142 857 * 5 = 714 285
142 857 * 6 = 857 142

dan ketika anda kalikan dengan "7" maka hasilnya adalah 999 999.

juga, 142 + 857 = 999,

Category: 0 komentar

SKL UAN 2011

Sampai dengan detik ini kami belum bisa memperoleh SKL Ujian Nasional 2011. Namun kami berusaha untuk memberikan sesuatu yang lain yang mungkin bisa sebagai perbendaharaan jika Anda butuh soal-soal Matematika baik Try out maupun soal Ujian Nasional tahun lalu. Silahkan kunjungi link berikut
Category: 0 komentar

Kumpulan soal Matematika UAN dan Prediksi UAN 2011

Jika Anda butuh soal-soal Matematika SMP sebagai latihan menghadapi UAN 2011, silahkan kunjungi link berikut
Dalam linkini Anda bisa memperoleh beberapa soal tryout Matematika SMP dan prediksi UAN 2011
Category: 0 komentar

Harus berpikir mendalam untuk Guru GTT SMAISAKA

Hasil musyawarah dinas guru dan karyawan SMA Islam Kepanjen.
Pemaparan umum kondisi SMAISAKA oleh Bapak H. Musoli Haris ( Kepala Sekolah ) mengawali kegiatan Rapat dinas guru-guru.
Di umur 25 tahun ini, SMA Islam Kepanjen sudah menjadi sekolah yang mandiri. Tentunya berbagai macam kebijakannyapun menjadi kebijakan mandiri sekolah.

Dalam hal ini, tentunya pelayanan sekolah  kepada  masyarakat sangat diutamakan, demi kelangsungan dan kekokohan SMA Islam Kepanjen.

Berikutnya Bapak Musoli Haris memaparkan bahwa di SMA Islam Kepanjen terdapat beberapa golongan/macam guru :
 
1. Guru-guru DPK sebagai guru inti
2. Guru Yayasan yang digaji oleh yayasan.
3. Guru Muda potensial (dimaksimalkan kemampuannya)
4. Guru Negeri yang membantu sebagai pengajar (jam terbatas)
5. Guru GTT yang berdinas di sekolah lain dan mempunyai jabatan 
     Kepala Sekolah

Inti dari rapat dinas ini adalah bagaimana sekolah menawarkan bentuk kerjasama kepada guru-guru muda potensial untuk mengabdi secara penuh di SMAISAKA ini. Dalam arti guru-guru muda ini diharapkan menjadi tulang punggung kegiatan di sekolah. Mereka dituntut untuk masuk 5 kerja mulai pagi hingga pulang sekolah.
Konsekuensinya, sekolah harus memenuhi kewajiban penggajian guru-guru GTT ini layaknya guru-guru negeri. Atau paling tidak  gaji mereka dapat dipergunakan untuk menghidupi keluarganya layaknya setingkat di atas UMR.
 
Dengan adanya kebijakan sekolah  yang  baru ini, nampaknya masih ada kendala teknis. Yaitu kesiapan guru-guru muda dalam menentukan masa depan mereka. Karena jika mereka akan mendaftar sebagai PNS otomatis hak mereka mengajar di SMA Islam Kepanjen akan sirna.
Apalgi saat ada penerimaan CPNS, pelamarnya sangat membludak dan tidak menjamin bagi guru yang bersangkutan diterima sebagai CPNS.

Nampaknya Kepala sekolah sendiri sudah jenuh dengan keluarnya beberapa guru potensi yang diterima setiap ada penerimaan CPNS. Mau tidak mau sekolah harus mencari pengganti. Yang tentunya berakibat dengan banyaknya perubahan jadual mengajar guru-guru baru dan penyesuaian diri.

Pada kesempatan ini pula Kepala Sekolah berharap,j ika ada yang kurang berkenan dengan kebijakan sekolah  dan menjadikan  permasalahan guru - guru  sebaiknya disampaikan langsung ke sekolah. Dan jangan sampai diumbar ke orang lain yang tidak berkepentingan, demi kepentingan besar sekolah.

     
Guna meminimalisir permasalahan dibelakang hari, Sekolah membuat sebuah MOUyang bertujuan ;

Meningkatkan kualitas layanan pendidikan terutama kualitas guru dan Calon guru di SMA Islam Kepanjen

Ruang lingkup Kerjasama
Hak dan kewajiban
1.       Memberi penilaian kinerja guru
2.   Memberikan pelayanan kepada guru dengan tujuan untuk  memperlancar proses kegiatan pembelajaran.
3.   Memberikan pembinaan kepada guru secara berjenjang dalam bentuk :
-      Pembinaan lisan
-      Peringatan secara tertulis / SP.1 dan SP.2
-      Surat Pemutusan hubungan Kerja ( SPHK ).

Kewajiban :
a.   Memberikan gaji pokok
b.   Memberi tunjangan, intensif dsb
c.   Memberikan hak cuti pernikahan melahirkan dsb.
d.Mengirim pihak kedua untuk mengikuti pelatihan yang dilaksanakan.

Pihak ke Dua berkewajiban :
Memberikan loyalitas
1.   Melaksanakan min 5 hari kerja
2.   Hadir di sekolah sesuai jam efektif
3.   Mematuhi semua peraturan dan tata tertib
4.   Melaksanakan Proses Pembelajaran secara profesional.

Penyelesaian Perselisihan
1.   Setiap penyelesaian yang terjadi akan dilaksanakan dengan musyawarah dan mufakat.
2.   Hasil musyawarah untuk mufakat merupakan putusan terakhir dan mengikat ke dua belah pihak.

Perjanjian tambahan
Jika ada hal-hal yang belum diatur dalam perjanjian ini, akan dibuat perjanjian yang mendukung perjanjian yang sudah ada.

Kumpulan Soal Tryout UAN Matematika IPS 2011

Dalam menyongsong UAN 2011 yang akan dilaksanakan pada bulan Maret 2011 mendatang, persiapan menghadapi UAN terus dilakukan. Harapannya adalah semua siswa bisa meraih sukses dalam UAN tersebut. Mengingat pelajaran Matematika dianggap sebagai pelajaran yang sangat sulit bagi sebagian siswa kelas XII IPS, dengan ini saya mencoba memberikan berbagai macam soal UAN tahun tahun sebelumnya yang saya rangkum dalam soal try out. Jika berkenan silahkan download di sini
Category: 1 komentar

Barisan dan deret Selamatannya Mbah Maridjan

Di kelas XII IPS, pada materi terakhir yang diterima siswa adalah Barisan dan Deret, Barisan dan deret ini dibagi menjadi 2, yaitu Barisan dan deret Aritmatika. serta Barisan Geometri.
Beberapa contoh barisan saya sajikan ke siswa :
1. 1,2,3,4,......... barisan bilangan Asli
2. 2,4,6,8, .......  barisan bilangan genap lebih dari 1
3. 1,4,9,16,....    barisan bilangan kuadrat
4. 2,3,5,8,13, ... barisan bilangan Fibonaci (= jika suku ke n merupakan jumlah 2 suku sebelumnya)
5. 1,3,6,10,........barisan segitiga ....

Beberapa barisan diatas adalah contoh barisan bilangan secara umum, siswa bisa menambah sendiri contoh yang lain.. Siswa mencari contoh sebagaimana yang diperintahkan.
Di tengah-tengah siswa mencari beberapa contoh barisan dengan aturannya/namanya. Saya tuliskan sebuah barisan yang saya yakin tidak ada di buku...

Barisan itu adalah :
1, 3 , 7 , 40 , 100 , .... kira-kira barisan apa ini ?
kalau perlukan pembaca bisa juga berpikir dan menebak  barisan di atas.


@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@

Sudah ketemu?
Bagi Anda yang sudah menemukan saya ucapka selamat...bagi yang belum jangan kecewa.. ini adalah intermeso untuk siswa agar mereka tidak sutris dengan pelajaran matematika.
Jawab yang betul adalah :
Barisan tersebut adalah barisan selamatannya Mbah Maridjan yang terkena wedus gembel kemarin.
yaitu , selamatan 1 hari, 3 hari, 7 hari, 40 hari dst... wkwkwkkkk... ????!!!!!
Category: 0 komentar

Kegiatan XII IPS 2-3

Melanjutkan kegiatan latihan mencari matriks dengan menggunakan invers untuk matrik ordo 2x2. Siswa mengerjakan latihan 7 soal pilihan. Sebagian siswa diminta mengerjakan ke papan, sementara siswa lain mengerjakan latihan di buku. Dan yang sudah selesai diberikan nilai berupa tanda tangan yang nantinya akan dijumlah berapa tanda tangan yang diperoleh.
Harapan :
Siswa mengerti dan memahami cara menyelesaikan soal matriks dengan menggunakan invers, jumlah, kurang dan perkalian matriks.
Lumayan.. sebagian besar siswa mau mengerjakan, meski ada yang ijin ke belakang tanpa alasan yang jelas. Kesimpulannya mereka dinyatakan Alpha.

Catatan Harian

Masuk di kelas XII Ips 1, materi dah nyampek pada Invers Matriks.  Hari ini saya ulang lagi cara menyelesaikan cara mencari invers matriks. dan mencari matriks dalam bentuk AX=B serta XA = B
anak-anak minta 2 contoh soal. yang sejenis dengan 2 kunci di atas.
Setelah ditanyakan ke siswa dah jelas..
Waktunya anak mengerjakan soal ke papan. Sekarang tanggal 21, maka yang maju no 21. kebetulan no 21 ijin. ya ditambah satu lagi. Jadi yang kebagian maju anak no absen 22.
Jatuh an. Peppy.. ternyata dengan susah payah nyampe juga di finish. Setelah ditanya Peppy berkomentar... " Iso wis aku ".
Selain yang mengerjakan di depan. Siswa yang duduk mengerjakan soal lain. Yang benar meminta nilai yang saya berikan lewat tanda tangan.
Giliran yang maju anak no 11. ternyata mengalami kendala... lama berdiri di papan tulis. Gimana ya caranya memotivasi anak IPS yang notabene ogah-ogahan ... kudu sabar... wong sabar dikasihani Tuhan... Opo yo ngono dulur.????

Soal Ulangan tengah semester

Pilih jawaban yang paling benar dengan cara memberi tanda silang pada jawaban tersedia benar ¡
1. Pada bentuk aljabar 2x2 + 3xy – y2 terdapat ... variabel.
a. 1 b. 2 c. 3 d. 4
2. Bentuk aljabar suku dua terdapat bentuk …
a. 2x2 + 4x – 2 c. 3x2 – y2 + xy – 5
b. 4x2 – y2 d. 2x2
3. Hasil pengurangan a2 – 2a dari 2 – 3a2 adalah ....
a. –4a2 + 2a + 2 c. 2a2 + 2a – 2
b. 4a2 – 2a – 2 d. a2 – 2a + 2
Category: 0 komentar

Materi Perpangkatan bentuk aljabar pangkat lebih dari satu


(a +b )1            = a +b
koefisien a dan b adalah   1      1

(a +b)2             =    (a +b) (a +b)
=a2+ab +ab +b2 = 1.a2 + 2ab +1. b2
=     a2 + 2ab + b2
koefisien a2, ab, dan b2adalah    1   2   1

(a +b)3             =    (a +b) (a +b)2
=    (a +b) (a2 + 2ab +b2 )
=a3+2a2b + ab2 +a2b +2ab2+b3
=    1.a3 + 3a2b + 3ab2 + 1.b3
=    a3 + 3a2b + 3ab2 + b3
koefisien a3, a2b, ab2dan b3  adalah 1 ,  3  ,  3  , 1

(a +b)4             =    (a +b)2 (a +b)2
=    (a2 + 2ab +b2) (a2 + 2ab +b2)
=a+2a3b+ a2b+2a3b +4a2b2 +2ab3+a2b2 +2ab3+b4
=    1 a4 + 4a3b + 6a2b2 + 4ab3 +1 b4
=    a4 + 4a3b + 6a2b2 + 4ab3 +b4
koefisien a4, a3b, a2b2, ab3, dan b4  adalah 1 ,  4  ,  6  ,  4  , 1
Category: 1 komentar

Soal Bentuk aljabar kelas 8

Kerjakan soal-soal berikut di buku tugasmu.

a. 2(x + 4)                                 e. 4a2(–a + 2b)
b. –3(a – 2b)                             f. 2xy(x – 4)
c. 5(3x + 2y)                             g. –p2(p–3p )
d. –2a(a + 4b)                           h. 12(4x – 6y)
 
1. Tentukan hasil perkalian bentuk aljabar  berikut :.
Jabarkan bentuk perkalian berikut dengan menggunakan sifat distributif.
Text Box: a. (2x – 3) (x + 5)   
b. (3x –y) (x +y) 
c. (5m – 1) (m + 4) 
d. (2p +q) (p – 4q) Text Box: e. (a – 4) (2a + 3) 
f. (a + 3b) (2a – 4b) 
g. (–3 –p) (5 +p) 
h. (5 +a) (7 –a)


e. (x +y) (3x2 +x y + 2y2)
f. (3k – 5) (k2 + 2k – 6)
g. (a +ab +b) (ab)
h. (x2 + 3x – 5) (x2 – 2x – 1)
 
a. (2x + 3) (x – 4)
b. (a + 3b) (a – 5b)
c. (5m – 1) (2m + 4)
d. (a – 3) (a2 + 4a + 5)




3. Jabarkan bentuk perkalian berikut dengan menggunakan skema, kemudian sederhanakan.

Category: 0 komentar

contoh penyelesaian bentuk Aljabar


Kerjakan soal-soal berikut di buku tugasmu.
1. Jabarkan bentuk perkalian berikut.
 a. 2 (3x  – y)                        b. 8 (–x2 +3x )

    Penyelesaian:
 a. 2(3x  – y)             =  2.3x + 2. (–y)  =6x –2y
 b. 8(–x2 + 3x)           = –8x2 + 24x

2. Selesaikan bentuk perkalian berikut.
 a. 2(–6x)                              b. (–4x)(–2y)                            c. (3a)(–3a)

Penyelesaian:
a. 2(–6x) = 2.(–6).x = –12x
b. (–4x)(–2y)  = 8 xy
c. (3a)(–3a) = –9 a2
Category: 0 komentar

LKS Microsoft Word 2003


I. Mengenal Microsoft Word
Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya. Selain menulis dokumen, MS Word juga dapat digunakan untukbekerja dengan tabel, menulis teks dengan kreasi, menyisipkan gambar, maupun yang lainnya.
Secara default, tampilan area kerja program MS Word terdiri atas Title Bar,
Menu Bar, Tool Bar, Ruler, dan Task Pane. Tampilan area kerja dapat dilihat
pada Gambar 1.




Gambar 1. Tampilan area kerja MS Word

Home

Arsip Blog

Pengikut

100% free bagi Anda yang klik ini

KabarKongo.com

Borobudur Temple

Borobudur Temple